Halaman

RPP


Mata Pelajaran               : Biologi
Kelas/program               : XII/IPA
Semester                        : 1
Standar Kompeensi      :  1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada  pertumbuhan
Kompetensi Dasar        : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap perumbuhan tumbuhan
Indikator                       :  1. Menemukan  adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan.
Alokasi Waktu              : 1 X 45 menit
Pertemuan  I                 : ( Indikator 1 dan 2)
                          I.            Tujuan Pembelajaran : Dengan akif  dalam berdiskusi didepan kelas.
Pesera didik dapat menemukan gejala perumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan megidentifikasi fakor-faktor yang mempengaruhi perumbuhan perkembangan dengan benar.
                       II.             Karaker yang diterapkan:
·         Dapat bekerja sama ( cooperative)
·         Berani mengungkapkan pendapat
·         Tanggung  jawab
                    III.            Materi pembelajaran: pengaruh luar terhadap perumbuhan tumbuhan
                    IV.            Metode pembelajaran:
·         Ceramah ( kalimat pembuka)
·         Diskusi

                       V.            Langkah-Langkah Pembelajaran:
No
Kegiatan pembelajaran
pengorganisasian


Siswa
Waktu

Kegiatan awal


1
Menyampaikan tujuan, apersepsi dan motivasi
k
5 menit

Kegiatan inti


2
Eksplorasi:
Telah diperlihatkan blog yang berisi materi pertumbuhan dan perkembangan, kemudian peserta didik yang telah mendengar dan melihat blog tersebut diberi kesempatan unuk mencermati bacaan dan bertanya mengenai materi yang belum difahami.
K/g
10menit
3
Elaborasi:
Guru memfasilitasi kelas dengan blog kepada peserta didik, dengan meminta delegasi untuk  maju kedepan kelas.
Dari masing-masing delegasi diminta untuk menjelaskan kembali kepada teman-temanya tentang materi yang telah disampaikan oleh guru.
Selanjutnya, peserta didik diharapkan mampu berdiskusi interaktif didalam kelas.
k/g

4
Konfirmasi:
Guru bersama dengan murid  untuk berdiskusi kembali.
Guru memandu dan memotivasi untuk mnyebutkan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Guru mengakhiri kelas dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan.
k/g
15menit






Penutup


5
Peserta didik dipandu oleh guru untuk menyimpulkan bahwa gejala pertumbuhan dan perkembangan adalah angin, air suhu, nutrisi dan hormone yang mempengaruhinya.
k
10menit
6
Evaluasi / tes akhir
i
5menit
Keterangan : i= Individual;  p=Berpasangan; g=Group;  k=klasikal
                    VI.            Sumber pembelajaran
·         Buku paket biologi SMA kelas XII
·         Menggunakan media semacam BLOG
·         Buku panduan lain yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
                 VII.            Penilaian
1.      Prosedur Tes:
-          Tes Awal:  tidak Ada
-          Tes proses: tidak ada
-          Tes Akhir: Ada
2.      Jenis Tes :
Tes awal: pengamatan
Tes proses: lisan
Tes akhir: Tertulis
3.      Tugas rumah:
Mampu mengamati gejala pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan  dan menjelaskan proses berlangsungnya pertumbuhan serta memberikan keterangan lebih lanjut dari buku panduan yang ditemukan.
Semarang , 11 Juni  2013
Mengetahui                                                                            Guru Mapel IPA
Kepala sekolah
                                                                                 
Syirkatun nur, M.Si                                                              Andi Raharjo, S.Pd.                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar