Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/program :
XII/IPA
Semester :
1
Standar
Kompeensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan
perkembangan pada pertumbuhan
Kompetensi
Dasar : 1.1 Merencanakan percobaan
pengaruh luar terhadap perumbuhan tumbuhan
Indikator : 1. Menemukan
adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
2.
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan.
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Pertemuan I :
( Indikator 1 dan 2)
I.
Tujuan Pembelajaran : Dengan
akif dalam berdiskusi didepan kelas.
Pesera didik dapat menemukan gejala perumbuhan
dan perkembangan tumbuhan dan megidentifikasi fakor-faktor yang mempengaruhi
perumbuhan perkembangan dengan benar.
II.
Karaker yang diterapkan:
·
Dapat bekerja sama ( cooperative)
·
Berani mengungkapkan pendapat
·
Tanggung jawab
III.
Materi pembelajaran: pengaruh luar
terhadap perumbuhan tumbuhan
IV.
Metode pembelajaran:
·
Ceramah ( kalimat pembuka)
·
Diskusi
V.
Langkah-Langkah Pembelajaran:
No
|
Kegiatan
pembelajaran
|
pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
Kegiatan
awal
|
|||
1
|
Menyampaikan
tujuan, apersepsi dan motivasi
|
k
|
5 menit
|
Kegiatan
inti
|
|||
2
|
Eksplorasi:
Telah
diperlihatkan blog yang berisi materi pertumbuhan dan perkembangan, kemudian
peserta didik yang telah mendengar dan melihat blog tersebut diberi
kesempatan unuk mencermati bacaan dan bertanya mengenai materi yang belum
difahami.
|
K/g
|
10menit
|
3
|
Elaborasi:
Guru
memfasilitasi kelas dengan blog kepada peserta didik, dengan meminta delegasi
untuk maju kedepan kelas.
Dari
masing-masing delegasi diminta untuk menjelaskan kembali kepada teman-temanya
tentang materi yang telah disampaikan oleh guru.
Selanjutnya,
peserta didik diharapkan mampu berdiskusi interaktif didalam kelas.
|
k/g
|
|
4
|
Konfirmasi:
Guru bersama
dengan murid untuk berdiskusi kembali.
Guru memandu
dan memotivasi untuk mnyebutkan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Guru
mengakhiri kelas dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan.
|
k/g
|
15menit
|
Penutup
|
|||
5
|
Peserta
didik dipandu oleh guru untuk menyimpulkan bahwa gejala pertumbuhan dan
perkembangan adalah angin, air suhu, nutrisi dan hormone yang
mempengaruhinya.
|
k
|
10menit
|
6
|
Evaluasi /
tes akhir
|
i
|
5menit
|
Keterangan :
i= Individual; p=Berpasangan;
g=Group; k=klasikal
VI.
Sumber pembelajaran
·
Buku paket biologi SMA kelas XII
·
Menggunakan media semacam BLOG
·
Buku panduan lain yang berhubungan
dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
VII.
Penilaian
1.
Prosedur Tes:
-
Tes Awal: tidak Ada
-
Tes proses: tidak ada
-
Tes Akhir: Ada
2.
Jenis Tes :
Tes awal: pengamatan
Tes proses: lisan
Tes akhir: Tertulis
3.
Tugas rumah:
Mampu mengamati gejala pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan dan menjelaskan proses
berlangsungnya pertumbuhan serta memberikan keterangan lebih lanjut dari buku
panduan yang ditemukan.
Semarang , 11 Juni 2013
Mengetahui Guru
Mapel IPA
Kepala sekolah
Syirkatun nur, M.Si Andi Raharjo, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar